• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Hak-Hak dan Kewajiban Pemegang Saham

 

Hak-Hak dan Kewajiban Pemegang Saham

Pemegang saham ialah mereka yang ikut serta dalam modal perseroan dengan membeli satu atau lebih saham-saham. Cara lain untuk dapat menjadi pemegang saham ialah membeli saham dari penjual saham yang lama atau mendapat warisan saham-saham atau mengambil satu saham atau lebih pada emisi baru. Kewajiban pemegang saham yang utama ialah menyetor bagian saham yang hams dibayar, dan selama tahun belum dibayar penuh ia tidak diperkenankan ke tangan lain, tanpa persetujuan PT.

9.    Hak Pemegang Saham

a.    Menerima dividen untuk tiap saham yang dimiliki.

b.    Mengunjungi rapat umum pemegang saham.

c.    Mengeluarkan suara pada rapat-rapat PT.

d.    Mendapat pembayaran kembali saham yang telah dibayar penuh, jika perseroan dibubarkan.

10.    Pengurus PT

Lazimnya dalam akta pendirian PT, untuk pertama kalinya para pendiri ditetapkan menjadi pengurus. Pada hakikatnya direkturnya yang diserahi pekerjaan pengurus, tetapi hal itu tidak dapat selalu demikian. Adakalanya pangkat direktur diberikan kepada orang yang tidak melakukan pekerjaan pengurus, sedangkan pekerjaan pengurus diserahkan kepada dewan pengurus.

Para pegawai yang bekeija pada PT, tidak dapat disebut pengurus dalam arti kata undang-undang. Pengurus untuk selanjutnya ditetapkan oleh rapat umum pemegang saham. Berdasarkan undang-undang, yang dimaksud dengan pengurus ialah hanya mereka yang diangkat oleh rapat umum pemegang saham untuk waktu tertentu, baik bergaji atau tidak, untuk memimpin PT dalam melakukan undang-undangnya, dan bertanggung jawab sepenuhnya kepada rapat umum pemegang saham.
Hak-Hak dan Kewajiban Pemegang Saham 4.5 5 Rizki Gumilar Hak-Hak dan Kewajiban Pemegang Saham Pemegang saham ialah mereka yang ikut serta dalam modal perseroan dengan membeli satu atau lebih saham-saham. Hak-Hak dan Kewajiban Pemegang Saham Pemegang saham ialah mereka yang ikut serta dalam modal perseroan dengan membeli satu atau lebih sah...


No comments:

Post a Comment

Aturan Berkomentar :

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang Berkomentar spam, flood, junk, iklan, sara, sex dsb.(Komentar Akan Saya Hapus)
3. Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking

J-Theme