• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Hasrat Ingin Tahu Manusia ( Terciptanya Ilmu Pengetahuan )

 



Ilmu pengetahuan berawal pada kekaguman manusia akan alam yang didiaminya dan dihadapinya, baik alam besar maupun alam kecil. Manusia sebagai makhluk yang dapat berfikir, karena memang dikaruniai akal pikiran sehingga mereka memiliki hasrat ingin tahu. Sifat ingin tahu manusia telah dapat disaksikan sejak manusia masih kanak-kanak.


Pertanyaan-pertanyaan seperti “ini apa?”, “itu apa?” telah keluar dari mulut kanak-kanak. Kemudian menyusul pertanyaan-pertanyaan “mengapa begini?”, “mengapa begitu?”, dan selanjutnya berkembang menjadi pertanyaan-pertanyaan semacam “bagaimana hal itu terjadi?”, “bagaimana memecahkannya?”, dan sebagainya. Bentuk-bentuk pertanyaan seperti ini telah diketemukan sepanjang sejarah manusia. Manusia berusaha mencari jawaban atas berbagai pertanyaan itu, dari dorongan ingin tahu hal yang dipertanyakannya. Di dalam sejarah perkembangan pikir manusia ternyata yang dikejar itu esensi atau hakikatnya adalah pengetahuan yang benar atau secara singkat disebut kebenaran.


Hasrat ingin tahu manusia akan terpuaskan kalau dia memperoleh pengetahuan mengenai hal yang dipertanyakannya. Dan pengetahuan yang diinginkannya adalah pengetahuan yang benar.


Rasa ingin tahu manusia merupakan produksi otak khas manusia. Otak manusia mempunyai kemampuan untuk menerima, mengorganisasikan dan menyimpan data, lebih besar dari sekedar kemampuan mempertahankan hidup saja. Jika kemampuan dan kapasitas otak manusia hanya dipakai untuk mempertahankan hidup saja, mencari sesuap nasi, manusia akan mengalami rasa tidak enak. Bila situasi ini terus berlanjut, disadari atau tidak, manusia akan mengalami kekacauan organisasi mental.


Oleh karena itu, manusia normal selalu terangsang untuk memanfaatkan dan memaksimalkan otaknya, ia harus selalu mencari informasi supaya penghuni utama batok kepala ini dapat bekerja sebagaimana mestinya, yaitu menerima informasi, kemudian menyimpan informasi itu, setelah itu mengolah informasi itu dan selanjutnya informasi itu disampaikan kembali dengan bahasa yang lebih argumentatif.






Hasrat Ingin Tahu Manusia ( Terciptanya Ilmu Pengetahuan ) 4.5 5 Rizki Gumilar Ilmu pengetahuan berawal pada kekaguman manusia akan alam yang didiaminya dan dihadapinya,...


No comments:

Post a Comment

Aturan Berkomentar :

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang Berkomentar spam, flood, junk, iklan, sara, sex dsb.(Komentar Akan Saya Hapus)
3. Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking

J-Theme