• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pola Hidup Sehat ( Biasakan Untuk Hidup Sehat)

 

Siapa saja di dunia ini tentu saja sangat menginginkan tubuh yang sehat agar dapat melakukan aktivitas dan bekerja secara produktif. Dan tentu saja, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita harus mampu menjaga kesehatan tubuh dan stamina agar tetap kuat. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam usaha tersebut adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Suatu hal yang sangat mudah, akan tetapi dapat memberikan pengaruh yang penting dan besar bagi kesehatan.


Pola hidup sehat yang harus kita terapkan berbagai macam caranya, seperti berolahraga, beristirahat yang cukup dan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta berpikiran positif. Pola hidup sehat yang pertama yaitu berolahraga. Kenapa berolahraga sangat penting? Olahraga merupakan salah satu sumber kesehatan, karena dengan berolahraga akan mendatangkan manfaat seperti mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh yang kita dapatkan dari makanan-makanan yang dikonsumsi dan mengandung kolesterol tinggi. Selain itu, dengan berolahraga dapat menurunkan tekanan darah sekaligus menyehatkan jantung. Karena ketika berolahraga, sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh akan semakin lancar, begitu pula sirkulasi darah menuju jantung.


Nah, bagi orang-orang yang setiap harinya disibukkan dengan segudang aktivitas ataupun bekerja, berolahraga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kelelahan bahkan perasaan stress yang timbul akibat dari begitu banyaknya pekerjaan. Tidak perlu berolahraga setiap hari dan berolahraga yang berat. Berolahraga minimal satu kali seminggu di akhir pekan seperti bersepeda, jogging atau bermain badminton/tenis, sudah bisa menjadi olahraga alternative sebagai salah satu cara menerapkan pola hidup sehat. Setelah melakukan olahraga, tentu saja tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Sebenarnya beristirahat, yang juga merupakan salah satu pola hidup sehat, bukan saja harus dilakukan setelah berolahraga, setelah melakukan aktivitaspun kita harus memiliki waktu istirahat yang cukup, apakah sekedar berbaring-baring atau tidur sepenuhnya.


Cara efektif untuk mendapatkan waktu istirahat untuk anda yang bekerja adalah dengan mengefisiensikan waktu kerja dengan pekerjaan. Manfaatkanlah waktu kerja sebaik-baiknya untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberika. Jika pekerjaan tersebut tidak selesai dan jika masih memungkinkan untuk diselesaikan keesokan hari, janganlah memaksakan diri untuk bekerja lembur. Dan cara efektif lainnya adalah jangan menggunakan hari libur atau akhir pekan anda untuk mengurusi segala hal yang berurusan dengan pekerjaan, agar anda memiliki waktu istirahat yang cukup.


Pola hidup sehat yang berikutnya adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Seringkali kita yang sibuk dengan berbagai aktivitas sering lupa untuk sarapan, makan siang atau makan malam tepat waktu dengan menu yang seimbang. Dan tak jarang pula kita memilih mengkonsumsi fast food atau menggabungkan waktu makan, dengan alasan untuk menghemat waktu. Pilihlan menu makan yang seimbang dan mengandung gizi serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran. Sayur-sayuran selain mengandung banyak air dan serat yang baik untuk tubuh, juga banyak mengandung zat antioksidan yang mampu menghindarikan kita dari serangan penyakit jantung ataupun kanker.


Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, mengurangi konsumsi makanan yang digoreng dengan minyak juga menjadi pola hidup sehat yang harus kita terapkan, terutama jika bukan kita sendiri yang menggorengnya. Kita sebagai konsumen tentu saja tidak mengetahui sudah berapa kali minyak goreng yang digunakan tersebut, karena minyak goreng yang digunakan berkali-kali sangat tinggi kandungan karsinogenik yang merupakan pemicu kanker. Dan sebisa mungkin, jika ingin memasak makanan yang digoreng, gunakanlah minyak zaitun daripada menggunakan minyak kelapa sawit walaupun harganya mahal.


Lalu pola hidup sehat yang terakhir adalah berpikiran positif dan menghindari stress. Karena dengan berpikiran positif anda akan terhindari pikiran-pikiran buruk yang justru akan menyita waktu, bahkan bisa saja menyita waktu beristirahat anda. Dan hindarilah stress. Stress hanya akan menimbulkan kelelahan lahir dan batin, dan bisa saja menjadi pemicu munculnya berbagai macam penyakit seperti sakit kepala.


Mungkin terbersit pertanyaan dibenak kita, kenapa begitu penting menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari? Menerapkan pola hidup sehat tentu saja memiliki banyak manfaat, seperti anda akan terhindari dari penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, penyakit diabetes hingga kanker. Selain itu, dengan pola hidup sehat fungsi-fungsi organ tubuh dapat terjada dengan optimal sehingga penampilan anda pun terlihat segar dan bugar.
Pola Hidup Sehat ( Biasakan Untuk Hidup Sehat) 4.5 5 Rizki Gumilar Siapa saja di dunia ini tentu saja sangat menginginkan tubuh yang sehat agar dapat melakukan aktivitas dan bekerja secara produktif. Dan...


No comments:

Post a Comment

Aturan Berkomentar :

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang Berkomentar spam, flood, junk, iklan, sara, sex dsb.(Komentar Akan Saya Hapus)
3. Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking

J-Theme