• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian Jaminan Fidusia dalam Undang-undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia

 

Pengertian Jaminan Fidusia

Istilah jaminan fidusia mempunyai pengertian yang berbeda dengan istilah fidusia. Dalam Undang-undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (selanjutnya ditulis UUJF) disebutkan, bahwa fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda (Pasal 1 angka 1).

Sedangkan jaminan fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan benda tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang No. 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan yang tetap berada dalam penguasaan pemberi fidusia sebagai agunan bagi pelunasan utang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada penerima fidusia terhadap kreditur lainnya (Pasal 1 angka 2).

Pengertian jaminan fidusia di atas dengan jelas menggambarkan, bahwa jaminan fidusia merupakan hak kebendaan yang bersifat memberi jaminan pelunasan (pembayaran) utang debitur kepada kreditur. Utang debitur kepada kreditui dimaksud bisa terjadi karena perjanjian maupun karena undang-undang, yang berupa:

A. Uang yang telah ada;

B. Utang yang akan timbul di kemudian hari yang telah diperjanjikan dalam jumlah tertentu, atau

C. Utang yang pada saat eksekusi dapat ditentukan jumlahnya berdasarkan perjanjian pokok yang menimbulkan kewajiban memenuhi suatu prestasi (Pasal 7).
Pengertian Jaminan Fidusia dalam Undang-undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia 4.5 5 Rizki Gumilar Pengertian Jaminan Fidusia Istilah jaminan fidusia mempunyai pengertian yang berbeda dengan istilah fidusia. Dalam Undang-undang No. 42 Ta...


No comments:

Post a Comment

Aturan Berkomentar :

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang Berkomentar spam, flood, junk, iklan, sara, sex dsb.(Komentar Akan Saya Hapus)
3. Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking

J-Theme