• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Manifestasi Klinis dari Penyakit Katarak

 


A.    Definisi
Katarak adalah suatu keadaan dimana lensa mata yang biasanya jernih dan bening mengalami kekeruhan, yang terjadi akibat hidrasi (penambahan cairan) lensa. Denaturalisasi protein lensa atau akibat kedua-duanya yang disebabkan oleh berbagai keadaan.
Kataraka senil adalah semua kekeruhan lensa yang terjadi pad usia lanjut, yaitu usia diatas 50 tahun, makin lanjut usia seseorang maka makin besar kemungkinan mendapatkan katarak.

B.    Etiologi       
Penyebabnya bermacam-macam, yang utama adalah proses penuaan (senil) tapi dapat terjadi secara kongenital akibat infeksi virus di masa pertumbuhan janin, genetik dan gangguan perkembangan : kelainan sistemik atau metabolik, sperti diabetes melitus, galaktosemi dan distorsi miotonik, traumatik, terapi kartiskoterod sistemik rokok dan konsumsi alkohol meningkatkan resiko katarak.
Pada katarak senil diduga penyebabnya adalah :
1.    Proses pada nukleus : terjadinya penimbunan pigmen, sehingga lensa menjadi kurang hipermetrop.
2.    Proses pada korteks : terjadi penimbunan Ca sehingga lensa menjadi tebal, lebih cembung dan membengkak menjadi lebih miop.

C.    Manifestasi Klinis
Keluhan yang timbul adalah :
1.    Penurunan tajam penglihatan secara progresif.
2.    Penglihatan seperti berasap atau ditutupi kabut, dan seakan-akan tertutup oleh air terjun di daerah matanya.
3.    Membaca menjadi sukar dan bila mengendarai kendaraan terutama di malam hari penglihatan akan silau terhadap sinar yang datang.
4.    kadang-kadang pada pasien katarak akan melihat ganda sebuah benda/multiple.

Katarak senil biasanya berkembang lambat selama beberapa tahun dan pasien sejak awal katarak dapat terlihat melalui pupil yang telah berdilatasi dengan optalmoskopi. Setelah katarak bertambah matang maka retina menjadi semakin sulit dilihat sampai akhirnya refleks fundus tidak ada dan pupil berwarna putih.
Pada katarak senil dikenal 4 stadium, yaitu : insipien, imatur, matur dan hipermatur. Pada stadium insipiendapat terjadi perbaikan penglihatan dekat akibat peningkatan indeks refleksi lensa.

Manifestasi Klinis dari Penyakit Katarak 4.5 5 Rizki Gumilar A.    Definisi Katarak adalah suatu keadaan dimana lensa mata yang biasanya jernih dan bening...


No comments:

Post a Comment

Aturan Berkomentar :

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang Berkomentar spam, flood, junk, iklan, sara, sex dsb.(Komentar Akan Saya Hapus)
3. Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking

J-Theme