• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Contoh Soal Hukum Administrasi Negara

 

1.    Berdasarkanteori "science tree law"  bahwadibawahini yang tidaktermasukcabangilmuhukumpositifadalah :
    a.HukumPidana                c.HukumAdat
    b.HukumPerdata                d. HukumAdministrasi Negara

2.    HTN diibaratkansebagainegaradalamkeadaanstatisdan HAN diibaratkannegaradalamkeadaandinamis, iniberdasarkanpendapat :
a.    Openheim                    c. van Vollenhoven
b.    Barent                        d. Logeman

3.    Dalamhubungan HAN denganilmu lain, adapendapatbahwa HTN diibaratkansebagairangka, danIlmuPolitikdiibaratkansebagaidaging,  iniberdasarkanpendapat :
a.    Openheim                    c. van Vollenhoven
b. Barent                        d.Logeman

4.    Yang tidak termasuk persamaan istilah Hukum Administrasi Negara adalah :
    a. Hukum Tata Usaha Negara            c. Hukum Tata Pemerintahan
    b. Hukum Pemerintahan Daerah        d. Hukum Tata Usaha Pemerintahan

5.    IstilahadministrasidalambahasaBelandadiartikansebagaibestuuren, yang berarti :
    a. KekuasaanPemerintah,             c. KewenanganPemerintah
    b. KebijakanPemerintah            d. FungsiPemerintah

6. Hukum Administrasi Negara di Inggris dikenal dengan :
a.    Adminstrative Law                c. Constitutional Law
b.    Administration Recht                d. Constitutional Recht

7. Yang tidak termasuk kebijakan publik (bestuuren) dalam ranah Hukum Administrasi Negara adalah :
a.    Beschikking                c. FrieseErmesson
b.    Regeling                    d.Materiil Daad

8. Yang tidak termasuk ciri-ciri kebijakan publik adalah :
A. keputusannya dapat diPTUNkan   
B.ditetapkan oleh pejabat publik
C.memiliki sanksi denda
D.memiliki sanksi administrasi

9.    Yang membedakan Trias Politika menurut John Locke dengan C.S. Montesquieu, adalah :
a.    legistif                     c..  yudikatif
b.    eksekutif                    d.  federatif

10.    Pengertian Administrasi Negara, Utrecht dalam buku : “Pengantar Hukum  Administrasi Negara”, bertitik tolak dari Teori Trias Politika Montesquieu,  yang dikenal dengan teori (kecuali) :
a.    Teori Kekuasaan                c.  Teori Residu
b.    Aftrek Theorie                    d.  Teori Sisa

11.    HukumAdministrasi Negara adalahmengujihubunganhukumistimewa yang diadakan agar memungkinkanparapejabatpemerintahan Negara melakukantugasmerekasecarakhusus, inipendapat :
a.    R. AbdoelDjamali                c.  E. Utrecht
b.    KusumadiPoedjosewojo            d.  van Apeldoor

12.    Sumberhukum material, yaitusumberhukum yang turutmenentukan:
a.    Asaskaidahhukum
b.    Isikaidahhukum
c.    Bentukkaidahhukum
d.    Modelkaidahhukum.

13.    Sumberhukum formal, yaitusumberhukum yang sudahdiberikan :
a.    Asaskaidah hukum            C.  bentukkaidahhukum
b.    Isikaidahhukum                D.  model kaidahhukum

14.    Yang tidaktermasuksumberHukumAdministrasi Negara dibawahiniadalah :
a.    Peraturan Perundangan            C.  Kebiasaan
b.    Contrak                    D.  Doktrin

15.    HukumAdministrasi Negara adalahkeseluruhanaturan yang hendaknyadiperhatikanolehparapendukungkekuasaan yang diserahitugaspemerintahanitu, inipendapat
a.    R. Abdoel Djamali            c.   E. Utrech
b.    KusumadiPoedjosewojo            d.  van Apeldoor

16.    MenurutPrajudiAtmosudirdjobahwaruanglingkupHukumAdministrasi Negara meliputi (kecuali) :
a.    Hukumtentangkewenanganseluas-luasnyadariPejabatAdministrasi Negara
b.    HukumtentangorganisasidariAdministrasi Negara
c.    Hukumtentangdasar-dasardanprinsip-prinsipumumdaripadaAdministrasi Negara
d.    Hukum tentangaktifitas-aktifitas dari Administrasi Negara yang bersifatyuridis


17.    Golongan yang mendukungbahwaantaraHukum Tata Usaha Negara denganHukumAdministrasi Negara tidakadaperbedaanprinsipyaitu (kecuali) :
a.    Kranenburg            c. Bellefroid
b.    Vegting                d. Prin

18.    Yang tidak termasuk perbuatanmenuruthukum public bersegisatu yang dilakukanolehaparatadministrasinegaraberdasarkanwewenangistimewa, yaitu :
a.    Pengangkatanpegawainegeri
b.    Pemboronganpekerjaan
c.    Penempatanjabatantertentu
d.    Ijinmendirikanbangunan

19.    Salah satuperbuatanmenuruthukum public bersegiduayaitu (kecuali):
a.    Perjanjianpembuatangedung
b.    Mutasijabatan
c.    Pengadaanalat-alattuliskantor
d.    Ijinusahaperdagangan

20.    Pasal 1 ayat (3) UU Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara, yang tidak termasuk beschiking adalah:
a.    menimbulkan akibat hukum bagi seseorang atau badan hukum perdata
b.    berisi tindakan hukum dalam bidang HTUN yang berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku
c.    bersifat kongkrit, individual, final
d.    atas dasar kesepakatan duapihakataulebih

21.    Syarat-syarat syahnya suatu beschiking adalah :
a.harus dibuat oleh badan/pejabat yang berwenang
b.tidak boleh mengandung kekurangan yuridis (kekhilapan, paksaan, penipuan)
c.adanya kepentingan seseorang/badan/pejabat
d.harus diberi bentuk yang ditetapkan dalam peraturan
       
22.    UntukmembatalkanprodukhukumdalambentukRegelingdapatdilakukan (kecuali) :
a.    MelaluiPeradilan Tata Usaha Negara
b.    Judicial RevieukeMahkamahAgung
c.    Digugurkanolehtingkatpemerintahan yang lebihtinggi
d.    Dicabutolehpembuatproduk hukumtersebut.

23.    SedangkanuntukmembatalkanprodukhukumdalambentukBeschikingdapatdilakukan:
a.    MelaluiPeradilan Tata Usaha Negara
b.    Judicial RevieukeMahkamahAgung
c.    Digugurkanolehtingkatpemerintahan yang lebihtinggi
d.    Dicabutolehpembuatproduk hokum tersebut.

24.    Yang tidak termasuk syarat-syarat untuk membuat peraturan perundangan adalah :
a.    tidak duplikasi dengan peraturan perundangan yang telah ada, (peraturan yang lebih tinggi maupun yg sejajar)
b.    tidak merugikan kepentingan pejabatnegara
c.    tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yg lebih tinggi
d.    tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan kesusilaan

25.    HukumAdministrasi Negara di Jermandenganistilah :
a. VerwaltungRecht            c. DroitAdministratief
b.VerfassungRecht            d. AdministratiefRecht

26.    Para ahli yang berpendapatbahwaantaraHukum Tata Negara danHukumAdministrasi Negara Yang tidak memilikiperbedaan-perbedaan yang prindipadalah (kecuali) :
a.    Oppen Heim             c. van Vollen Hoven
b.    van Kant                d. Donner

27.    Yang tidaktermasukhakkeistimewaanpejabatpublik di daerahdisebut :
a.    Prerogatif            c. FreieseErmessen
b.    Discretion Principle    d. Polecy Maker

28. Pejabatdaerahyang diberikewenangansebagaipejabatpembuatkebijakan public adalahmutlakdaripejabatatasannyadisebut :
a.    Sekda            c. Ketua DPRD
b.    Muspida            d. jawabab a, b, dan c salah

29. Prinsip-prinsipdariprodukHukumAdministrasi Negara denganhukumlainnyakecuali :
a. Kepastiamhukum            c. Kongkrit
b. Final                 d. Individual

30.    PreieseErmessenlahirakibatdari (kecuali) :
a. konsepnegarahukum modern        c. konsepnegarakekuasaan
b. kepentingan public                d. kekuasaan

31.    DalampelaksanaannyakonsepPreieseErmessendibatasiolehhal-hal (kecuali) :
a.    Harusdilaksanakandalamkerangkakepentinganumum/kesejahteraanumum
b.    Dilaksanakanatasinisiatifpejabat Negara itu
c.    Dilaksanakansesuaidenganmaksuddankepentinganpejabat Negara itu
d.    Untukmenyelesaikanmasalahkongkrit yang timbulsecaratiba-tiba
       
32. Kepala Daerah yang dipilihlangsungrakyat melaluiPemilukada, makadapatdiberhentikanoleh :
a.    Olehparapemilihnyasecaralangsung
b.    Olehpemilihnyamelauianggota DPRD
c.    Melaluipartaipolitik yang mengusungnya
d.    a, b, dan c salah

33 . Di bawahini yang tidaktermasukbentukkeputusantatausahanegara, adalah :
a.    SuratKeputusanPengangkatanPegawai
b.    SuratKeteranganKelakuanBaik
c.    Pembangunan pasaroleh investor
d.    SertifikatHakAtas Tanah

34. Suratketetapan yang terusmenerusberlakusebelumadanyapanggantian/pencabutan, disebut:
a. ketetapantetap            c. ketetapansepintasitif
b. ketatapanPositif.            d. ketetapan negative

35. Pengangkatanseseoranguntukmenjabat KepalaDinas, keputusantersebutdisebut :
a. Beschiking                    c. Diskresi
b. Regeling                    d. FrieseErmessen

36.KebijakanPejabatPublikuntukmelarangberjualan di tempatkeramaiandisebut :
a. Beschiking                    c. Diskresi
b. Regeling                    d. FrieseErmessen

37.Yangtidaktermasukpejabat public dibawahiniadalah : :
a. Gubernur            c. Ketua DPRD
c.    Bupati            d. Walikota

38.Yangtidaktermasukproduk hokum kebijakanpejabat public adalah :
a.Peraturan Daerah            c. Perwalkot
b.PeraturanGubenur            d. PeraturanBupati

39.Presidendalammengangkatmenteri-menterinyaadalahmerupakan :
a.    Prerogatif                c. HakKewenangan
b.    Hal Politik                d. Kewajiban

40.Yangtidaktermasukupaya hokum dalampengguguranPerbupNomor : 171 Tahun 2010 adalah :
a.    YudicialRevieukeMahkamahAgung
b.    DiPTUNkan
c.    Digugurkanolehpemerintah yang lebihtinggi
d.    DicabutolehpembuatPerbuptersebut

Contoh Soal Hukum Administrasi Negara 4.5 5 Unknown 1.    Berdasarkanteori "science tree law"  bahwadibawahini yang tidaktermasukcabangilmuhukumpositifadalah :     a.HukumPidana    ...


No comments:

Post a Comment

Aturan Berkomentar :

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang Berkomentar spam, flood, junk, iklan, sara, sex dsb.(Komentar Akan Saya Hapus)
3. Silahkan gunakan OpenID untuk mempermudah blogwalking

J-Theme